Wisata Air Terjun Tumpak Sewu (Coban Sewu) Lumajang

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu – Wisata alam memang memilki kelebihan tersendiri bagi para pecinta wisata. Wisata alam tentunya menjadi salah satu primadona bagi pecinta petualangan. Mencari kesenangan dengan melihat keindahan alam merupakan suatu bentuk kepuasan tersendiri bagi setiap orang. Di Indonesia kaya akan segala keragaman dan letak geografisnya yang menjadikan negara Indonesia punya banyak sekali wisata alam yang akan memanjakan setiap mata yang memandangnya.

Salah satu wisata alam yang paling di gemari para traveler yaitu Air terjun. Air terjun di Indonesia sendiri memiliki banyak macam dan nama, salah satunya Air terjun Tumpak Sewu atau sering di sebut coban sewu. Lokasi air terjun ini terletak di Desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo Lumajang. Apabila anda berkunjung ke tempat ini pastinya anda akan menemukan tulisan besar “Serpihan Surga Itu Memang Ada” di pintu masuk air terjun Lumajang ini.
Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air terjun Lumajang ini memiliki beberapa nama diantaranya air terjun Tumpak Sewu, air terjun Coba Sewu dan air terjun Grojogan Sewu. Secara Geografis coban sewu Lumajang berada pas di aliran sungai Glidih, di mana sungai ini menjadi sebuah perbatasan antara kecamatan Ampel Gading Malang dan kecamatan Pronojiwo Lumajang.

Sekilas apabila kita perhatikan air terjun Tumpak Sewu ini hampir mirip sekali dengan air terjun Coban Pitu yang berlokasi di Pujon Malang. Bedanya air terjun Tumpak Sewu terletak pada sumber airnya yang jatuh ke dasar tebing dan jumlah mata air terjunnya banyak, itulah mungkin yang menjadi dasar kenapa air terjun ini di nama kan Tumpak Sewu atau Coban Sewu.

Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak SewuRute untuk dapat menuju ke air terjun Lumajang ini bisa melalui kota Malang yang memakan waktu sekitar 3 Jam dari kota Malang menuju Lumajang melewati Bululawang, Dampit, Tirtomoyo, Pronojiwo. Kemudian jika anda dari arah Jember bisa melewati Rambupuji, Bangsalsari, Tanggul, Jatirotom Sukodono, Lumajang kota atau anda bisa melalui jalur alternatif Rambupuji, Balung, Kasiyan, Gumuk Mas, Kencong, Yosowilangun, Tempeh, Pasirian, Candipuro, Pronojiwo.

Setelah sampai di Pronojiwo anda akan di sambut oleh pintu masuk bertuliskan “Welcome Air Terjun Tumpak Sewu Sidomulyo”. Selanjutnya anda tinggal cari parkir untk kendaraan anda agar bisa leluasa menikmati air terjun Tumpak Sewu.

Wisata Alam Lainnya Di Air Terjun Tumpak Sewu

1. Goa Tetes

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, coban sewuGoa Tetes bisa anda temui setelah anda melalui anak tangga yang panjang. Goa Tetes ini merupakan tempat wisata awal sebelum air terjun Tumpak Sewu di buka untuk umum. Di sini anda akan di suguhkan dengan keindahan alam menakjubkan karena ada sumber mata air di atas goa yang memancar ke segala arah hingga airnya terjatuh dan menetes di setiap sisi goa. Hal tersebut yang membuat kenapa goa ini di namakan goa tetes.

2. Telaga Bening

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, coban sewuSetelah anda menelusuri tebing dan sungai anda akan kembali di suguhkan oleh pemandangan alam yaitu Telaga Bening. Telaga tersebut bisa anda gunakan untuk mandi dan membersihkan diri sambil bermain air.

Nah, itulah informasi mengenai wisata air terjun Tumpak Sewu Lumajang. Bagi anda yang sedang bingung mencari tempat wisata yang indah di Indonesia, anda bisa cari di tanyawisata.com. Sekian dulu dari kami terima kasih dan semoga bermanfaat.

Kata Kunci Masuk:

  • air terjun bening di perbatasan lumajang malang
  • air terjun bening di perbatasan lumajan malang
  • coban sewu air terjun bening
  • informasi umum tentang tumpak sewu
  • tempat air terjun coban sewu
Wisata Air Terjun Tumpak Sewu (Coban Sewu) Lumajang | Wisata | 4.5